teks berjalan

Selamat Datang di Optik General Online kami siap membantu Anda. Silahkan beritahu kami apa yang dapat kami bantu. Info Silahkan hubungi kami di 0856 0144 0847 (wa/sms) atau (0274) 443 6458 (Telp)

Tips dan Trick Memilih Kacamata yang Sesuai Bentuk Wajah Anda

Kacamata banyak digunakan oleh orang dengan kelainan penglihatan seperti minus atau plus. Tapi saat ini kacamata juga telah menjadi bagian dari asesoris untuk meningkatkan penampilan dan kepercayaan diri. Aspek yang paling penting ketika memilih kacamata adalah cara agar kacamata tersebut terlihat serasi dengan wajah kita.

Anda bisa mencoba setiap pasang kacamata di toko untuk mencari tahu bagaimana berbagai macam bentuk terlihat pada wajah, tapi mempersempit pilihan terlebih dahulu dapat menghemat banyak waktu. Anda hanya perlu menyesuaikannya dengan bentuk wajah atau warna kulit untuk mendapatkan desain kacamata yang paling sesuai dengan penampilan.



MENYESUAIKAN BINGKAI KACAMATA DENGAN BENTUK WAJAH

Kacamata harus mendukung kelebihan yang ada pada wajah, misalnya frame warna cokelat untuk menyesuaikan dengan mata warna cokelat. Bentuk frame harus kontras dengan bentuk wajah. Ukuran frame harus sesuai dalam skala dengan ukuran wajah.
Baca juga: Menjernihkan Mata Secara Alami

Di sisi lain, ada banyak bentuk wajah yang berbeda-beda yang merupakan kombinasi dari bentuk dan sudut. Bentuk wajah secara umum ada tujuh bentuk dasar yaitu bulat, oval, lonjong, segitiga, segitiga terbalik, berlian dan persegi. Setiap bentuk wajah memiliki kesesuaian dengan bentuk frame kacamata tertentu.

Berbagai Bentuk Wajah

Oval / Lonjong
Wajah oval dianggap bentuk ideal karena proporsi wajah yang seimbang. Untuk menjaga keseimbangan alami wajah oval ini, pilihlah frame kacamata dengan ukuran lebar yang sama atau lebih lebar dari bagian terluas wajah. Dengan demikian kacamatan akan tampak seimbang dengan wajah.

Segitiga
Wajah segitiga memiliki dahi yang sempit dan melebar di daerah pipi dan dagu. Untuk menambah lebar dan menekankan bagian atas wajah, cobalah frame yang memiliki aksen dengan warna dan detail pada bagian atas.

Segitiga Terbalik
Bentuk wajah ini memiliki ukuran luas di bagian atas dan kecil di bagian bawah. Untuk meminimalkan lebar bagian atas wajah, cobalah frame yang lebih luas di bagian bawah, warna yang ringan serta bahan bingkai sederhana atau tanpa bingkai.

Persegi Panjang
Wajah lonjong persegi panjang memiliki garis pipi lurus panjang dan kadang-kadang dilengkapi dengan hidung yang mancung. Untuk membuat wajah persegi panjang terlihat lebih pendek dan lebih seimbang, cobalah frame yang memiliki kedalaman dibandingakan lebar, hiasan dekoratif atau kontras pada bagian gagang kacamata yang menambah lebar pada wajah.

Kotak / Persegi
Wajah persegi memiliki garis rahang yang kuat dan dahi yang lebar, ditambah lebar dan panjang dalam proporsi yang sama. Untuk membuat wajah persegi terlihat lebih panjang dan melembutkan sudut wajah, cobalah gaya bingkai sempit, frame yang memiliki sisi lebar daripada kedalaman.

Berlian
Wajah berbentuk berlian biasanya sempit di garis mata dan rahang, dan memiliki tulang pipi yang luas yang mungkin lebih tinggi. Bentuk wajah ini cukup langka dan tidak banyak dimiliki orang. Untuk menyorot mata dan menghaluskan tulang pipi, pilih frame yang memiliki detail atau ciri khas pada bagian alis atau atas kacamata.

Bulat
Wajah bulat memiliki garis melengkung dengan lebar dan panjang dalam proporsi yang hampir sama dan tidak banyak memiliki sudut. Untuk membuat wajah bulat terlihat lebih langsing dan enak dilihat, cobalah frame kacamata dengan sudut sempit untuk memperpanjang wajah dan frame yang lebih lebar daripada kedalaman, seperti bentuk persegi panjang.




MEMILIH WARNA KACAMATA YANG SESUAI

Dari sisi warna, ada dua kelompok dasar warna kacamata, yaitu warna dingin (berdasarkan warna kebiruan) dan warna hangat (berdasarkan warna kekuningan). Faktor utama yang menentukan palet warna terbaik ketika memilih kacamatan adalah warna kulit, mata dan rambut.

Kulit
Warna kulit adalah unsur utama dalam memilih warna kacamata. Semua jenis kulit dikelompokkan ke salah satu dari dua warna dasar yaitu warna dingin (biru) atau hangat (kuning). Warna kulit dingin misalnya kebiruan atau merah muda, dan kulit hangat misalnya krem atau kuning.

Mata
Warna mata biasanya adalah faktor sekunder dalam menentukan warna kacamata karena banyaknya variasi warna mata. Di Indonesia sebagian besar penduduknya memiliki warna hitam atau cokelat. Mata cokelat dapat bervariasi mulai dari warna cokelat muda (warna hangat) hingga cokelat yang hampir mendekati hitam.

Rambut
Warna rambut tidak banyak mempengaruhi warna kacamata. Warna rambut orang Indonesia yang hitam termasuk warna dingin. Tidak banyak variasi yang bisa dilakukan, namun bukan berarti Anda tidak bisa bereksperimen dengan berbagai warna.

Begitu Anda telah menentukan apakah Anda termasuk warna "hangat" atau "dingin", maka Anda dapat menemukan warna kacamata yang sesuai. Warna dingin termasuk warna-warna gelap seperti hitam, silver, cokelat gelap, abu-abu, dan sebagainya. Warna hangat misalnya emas, tembaga, oranye, putih, merah gelap dan lain sebagainya.

Jika Anda terus mengikuti tren mode, maka Anda mungkin memperhatikan warna yang mendominasi setiap musim seperti di majalah mode dan di toko-toko fashion. Tapi, hanya karena warna-warna kacamata yang Anda miliki tidak sesuai dengan pakaian yang dikenakan, bukan berarti penampilan Anda tidak efektif. Semua tergantung pada kepercayaan diri dan bagaimana Anda bersikap.

warna mata biasanya adalah faktor sekunder dalam memnentukan waran kacamata karena banyaknya variasi warna mata. Di indonesia sebagian besar menentukan warna kacamata karena banyaknya variasi warna mata. Di indonesia sebagian besar penduduknya memiliki 
warna mata hitam atau coklat. mata coklat dapat bervariasi mulai warna cokelat muda hingga coklat yang mampir mendekati hitam.








Semoga Bermanfaat.


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel